ALGORITMA & PEMROGRAMAN
STRUKTUR RUNTUNAN (SEQUENCE)
LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM
1. Untuk menulis program baru caranya tekan
tombol ALT+ F pilih NEW terlebih dahulu sebelum Anda mengetik program Anda.
2. Ketikkan program Anda.
3. Simpan program Anda dengan cara tekan
tombol F2 atau ALT + F pilih Save kemudian ketikkan nama program Anda, misalnya
Contoh1.c
<enter>
4. Jalankan program dengan menekan tombol ALT
+ R pilih RUN atau CTRL + F9
5. Bila ada kesalahan perbaiki kesalahan
tersebut kemudian Anda ulangi langkah 3 dan 4
6. Untuk membuat program baru ulangi langkah
1.
7. Bila Anda ingin mencek apakah program Anda
sudah tersimpan atau ingin menampilkan program Anda kembali ke layar, maka
tekan tombol ALT + F pilih LOAD atau OPEN kemudian enter.
8. Jangan lupa, sebelumnya set isi menu
OPTIONS > DIRECTORIES sesuai lokasi directory Turbo C dan file program Anda.
1. BARIS KOMENTAR
Baris komentar adalah baris-baris yang menjelaskan
maksud dari perubah yang digunakan atau maksud dari program itu sendiri. Hal
ini dimaksudkan untuk memudahkan pelacakan atas perubah yang digunakan apabila
program yang digunakan cukup besar atau memudahkan orang lain memahami program
yang kita buat. Dalam program, baris komentar diletakkan diantara tanda /* dan
*/ dan baris ini tidak dikerjakan oleh komputer, hanya dianggap sebagai baris
kosong.
2. BENTUK / STRUKTUR PROGRAM C
Bentuk program C mirip dengan kebanyakan program
bahasa tingkat tinggi lainnya. Bentuk programnya adalah :
Judul Program
Daftar Header File
Deklarasi
Deskripsi
Judul Program
Judul program sifatnya sebagai dokumentasi saja, tidak
signifikan terhadap proses program. Ditulis dalam bentuk baris komentar.
Contoh :
/* Program Menghitung
Rata-Rata */
2.2 Header File
C menyediakan sejumlah file judul (header file) yaitu
file yang umumnya berisi prototipe fungsi, definisi makro, variabel dan
definisi tipe. File ini mempunyai ciri yaitu namanya diakhiri dengan extension
.h.
Contoh :
#include <stdio.h>
Keterangan : menyatakan bahwa agar membaca file
bernama stdio.h saat pelaksanaan kompilasi.
2.3 Deklarasi
Deklarasi adalah bagian untuk mendefinisikan semua
nama yang dipakai dalam program. Nama tersebut dapat berupa nama tetapan
(konstanta), nama variabel, nama tipe, nama prosedur, nama fungsi.
2.4 Deskripsi
Bagian inti dari suatu
program yang berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah. Program C pada
hakekatnya tersusun atas sejumlah blok fungsi. Sebuah program minimal
mengandung
sebuah fungsi. Setiap fungsi terdiri dari satu atau
beberapa pernyataan, yang secara keseluruhan dimaksudkan untuk melaksanakan
tugas khusus.
Bagian pernyataan fungsi (disebut tubuh fungsi)
diawali dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda }
3. VARIABEL
Variabel dalam program digunakan untuk menyimpan suatu
nilai tertentu dimana nilai tersebut dapat berubah-ubah. Setiap variabel
mempunyai tipe dan hanya data yang bertipe sama dengan tipe variabel yang dapat
disimpan di dalam variabel tersebut. Setiap variabel mempunyai nama. Pemisahan
antar variabel dilakukan dengan memberikan tanda koma.
Contoh :
int jumlah;
float
harga_per_unit, total_biaya;
Dari contoh diatas,variabel jumlah hanya boleh menerima data yang bertipe integer
(bulat), tidak boleh menerima data bertipe lainnya. Variabel harga_per_unit dan total_biaya hanya bisa diisi dengan bilangan float (pecahan).
4. KONSTANTA
Berbeda dengan variabel yang isinya bisa berubah
selama eksekusi program berlangsung, nilai suatu konstanta tidak bisa berubah.
Contoh :
const int m = 8;
#define pajak 0.05
5. FUNGSI main()
Fungsi main() harus ada pada program, karena fungsi
inilah yang menjadi titik awal dan titik akhir eksekusi program. Tanda { di
awal fungsi menyatakan awal tubuh fungsi sekaligus awal eksekusi program,
sedangkan tanda } di akhir fungsi merupakan akhir tubuh fungsi dan sekaligus
akhir eksekusi program.
6. FUNGSI printf()
Merupakan fungsi yang digunakan untuk menampilkan data
ke layar. Dengan menggunakan fungsi ini, tampilan dapat diatur (diformat)
dengan mudah.
Bentuk umum dari fungsi ini :
printf(”string
kontrol”, argumen1, argumen2, ....);
String kontrol dapat berupa keterangan beserta penentu
format (seperti %d, %f). Argumen adalah data yang akan ditampilkan, dapat
berupa variabel, konstanta, maupun ungkapan.
Contoh :
/* Program Satu */
#include <stdio.h>
main()
{
Printf(”Belajar Pemrograman
Komputer”);
}
7. FUNGSI scanf()
Merupakan fungsi yang digunakan untuk menampilkan data
yang dimasukkan dari keyboard.
8. FUNGSI getch()
Merupakan fungsi yang digunakan untuk membaca sebuah
karakter yang dimasukkan dari keyboard dan karakter tersebut tidak akan
ditampilkan pada layar. Untuk bisa menggunakan fungsi ini file conio.h harus disertakan.
9. FUNGSI clrscr()
Merupakan fungsi yang digunakan untuk membersihkan
(menghapus) layar. Untuk bisa menggunakan fungsi ini file conio.h harus disertakan.
CONTOH PERMASALAHAN 1 :
Menghitung luas dan keliling lingkaran dengan besar jari-jari lingkaran
dimasukkan melalui keyboard.
/* Program Dua */
/*
Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran */ Judul program
#include<stdio.h>
Header File yg digunakan
#include<conio.h>
#define
phi 3.14 Deklarasi
main()
{
float jari,luas,keliling;
clrscr(); Deskripsi
printf(”Masukan jari-jari lingkaran = ”);
scanf(”%f”, &jari);
luas=phi*jari*jari;
keliling=2*phi*jari;
printf(”Luas lingkaran = %f \n”,luas);
printf(”Keliling lingkaran = %f
\n”,keliling);
getch();
}
CONTOH PERMASALAHAN 2 :
Menukarkan dua buah nilai dari dua buah variabel. Misalnya, sebelum
pertukaran nilai a=5, nilai b=3, maka setelah pertukaran nilai a=3, nilai b=5.
/* Program Tiga */
/* Menukarkan nilai a dengan
b */
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{
int a,b,c;
clrscr();
printf(”Program Menukar 2 Buah Nilai \n\n”);
printf(”Sebelum ditukar \n”);
printf(”--------------- \n”);
printf(”Bilangan pertama = ”);
scanf(”%i”,&a);
printf(”Bilangan kedua = ”);
scanf(”%i”,&b);
c=a;
a=b;
b=c;
printf(“Setelah ditukar \n”);
printf(”--------------- \n”);
printf(”Bilangan pertama = %i\n”,a);
printf(”Bilangan kedua = %i\n”,b);
getch();
}
CONTOH PERMASALAHAN 3 :
Mengkonversikan total detik menjadi jam menit detik.
Petunjuk : 1 menit = 60 detik
1 jam = 3600 detik
/* Program Empat */
/* Mengkonversi total detik
menjadi jam menit detik */
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{
int
totdet,jam,sisa,menit,detik;
clrscr();
printf(”Program
Konversi Detik Menjadi Jam Menit Detik \n”);
printf(”----------------------------------------------
\n”);
printf(”Masukkan
total detik = ”);
scanf(”%i”,&totdet);
jam=totdet/3600;
sisa=totdet%3600;
menit=sisa/60;
detik=sisa%60;
printf(”Jumlah
jam = %i jam \n”,jam);
printf(”Jumlah
menit = %i menit \n”,menit);
printf(”Jumlah
detik = %i detik \n”,detik);
getch();
}
Belum ada tanggapan untuk "ALGORITMA & PEMROGRAMAN C++ STRUKTUR RUNTUNAN (SEQUENCE)"
Post a Comment